Tips Memilih Dokter Kandungan

Memilih dokter kandungan sering menjadi hal yang memusingkan bagi pasangan baru menikah. Rekomendasi dari yang satu dan yang lain bukan membantu, tidak jarang bikin pusing, bukan?

Perlu diketahui, dokter kandungan memegang peranan penting dalam siklus kehamilan dan kesehatan bagi istri Anda. Memilih dokter kandungan yang tepat memerlukan waktu dan banyak faktor sebagai bahan pertimbangan.

Wanita atau Pria?

Mungkin pertimbangan pertama untuk memilih dokter kandungan adalah apakah dokter kandungan itu seorang wanita atau seorang pria. Bukan faktor penting, tapi tentu kenyamanan dari pasangan itu sendiri yang dibutuhkan. Bagi mereka yang peduli dengan jenis kelamin dokter, hal yang perlu dipertimbangkan adalah:
- Seorang remaja atau baru beranjak dewasa lebih memilih dokter wanita, di mana mereka bisa curhat dan cerita dengan bebas.
- Seorang wanita dewasa mungkin merasa lebih nyaman dengan dokter wanita karena alasan kesopanan.
- Beberapa pasien wanita hanya merasa nyaman dengan dokter kandungan laki-laki.
Tetapi perlu dengarkan rekomendasi pribadi dari anggota keluarga atau teman. Coba konsultasi awal ke dokter kandungan yang disarankan, terutama jika Anda masih sangat ragu-ragu untuk memilih.

Pengalaman Dokter Kandungan

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah berapa lama dokter kandungan itu lulus dari kuliahnya. Sedikit ambigu mungkin, tetapi dalam kenyataan seorang dokter kandungan yang terpercaya adalah yang memiliki 'jam terbang' beberapa tahun. Semua dokter kandungan harus lembut dan pengertian, mau mendengarkan pertanyaan dan menjelaskan kekhawatiran pasien. Dibutuhkan pula pertimbangan ketelitian dari dokter kandungan. Tidak menutup kemungkinan, seorang dokter kandungan yang baru lulus bisa lebih sabar dan mengerti keinginan pasien.

Tempat Praktek Besar atau Kecil?

Praktek dokter kandungan di Indonesia biasanya di rumah sakit umum atau di rumah sakit bersalin. Tidak jarang dokter kandungan juga membuka praktek di rumah. Demi kenyamanan, biasanya dipilih berkonsultasi ke tempat praktek pribadi. Jika Anda masukkan pertimbangan berikut, tentu lebih kepada jam praktek yang menyesuaikan dengan jam kerja Anda. Tidak jarang Anda lebih baik memilih rumah sakit bersalin dahulu baru dokter kandungan kemudian. Keuntungannya adalah dokter Anda tidak akan susah dihubungi jika ada hal-hal darurat yang memerlukan penanganan cepat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar