Ibu Hamil Tidak Boleh Kepanasan

Kabarnya, suhu badan ibu hamil yang terlalu tinggi bisa mengganggu perkembangan janin.

Anda yang sedang hamil, harus segera mendinginkan diri jika sedang didera kepanasan. Bukan bermaksud manja sih, namun sejumlah data dari American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) menunjukkan adanya pengaruh peningkatan suhu tubuh dengan perkembangan janin, terutama selama trimester pertama. Demikian diberitakan dalam time.

Peningkatan suhu tubuh yang paling drastis terjadi saat ibu hamil menderita demam hingga di atas 39oC. Dalam keadaan demikian, detak jantung ibu bisa menurun drastis sehingga menyebabkan berkurangnya oksigen yang dikirim ke janin. Selain itu, tubuh ibu yang panas juga bisa meningkatkan risiko terjadinya keguguran selama enam minggu pertama kehamilan.

Bagaimana dengan minum minuman panas dan pedas, serta mandi dengan air panas? Menurut Dr. Sanjay Gupta dari CNN, prinsipnya adalah hindari menaikkan suhu inti tubuh. Mandi air panas tetap diijinkan sepanjang itu tidak membuat ibu merasa kegerahan dan tidak nyaman. Namun berendam dalam air panas, sauna dan hot steam akan meningkatkan suhu tubuh Anda secara drastis, sehingga ibu hamil harus menghindarinya.

Untuk Anda yang tinggal di daerah panas juga harus waspada, sebisa mungkin hindari berlama-lama di bawah terik matahari, dinginkan diri dengan AC atau dengan sering mandi menggunakan air dingin. Beberapa cara tradisional juga sudah mengantisipasi hal ini, dengan menyediakan bedak dingin untuk ibu hamil dan berbagai perawatan yang fungsinya membuat tubuh ibu hamil terasa sejuk.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar