Banyak Konsumsi Vitamin B12 saat Trimester Pertama Bikin Bayi Tak Rewel

Mengonsumsi vitamin B12 di awal masa kehamilan membuat bayi yang telah lahir tidak rewel.

Para ibu yang sedang mengandung pada trimester pertama ada baiknya untuk banyak mengonsumsi vitamin B12. Sebuah penelitian yang dilakukan di Belanda menemukan bahwa para wanita yang mengonsumsi vitamin B12 delapan kali lebih banyak pada awal masa kehamilan memiliki bayi yang tidak banyak menangis dibandingkan wanita yang tidak banyak mengonsumsi vitamin B12.

Seperti dilansir Readers Digest, penelitian tersebut dilakukan pada 3.000 wanita yang memiliki kehamilan trimester pertama. Pengamatan itu dilakukan dengan meneliti kandungan vitamin B12 dalam darah ibu hamil. Pada saat mereka telah melahirkan, mereka diminta untuk mencatat seberapa sering bayi mereka menangis.

Hasilnya, wanita yang memiliki kadar vitamin B12 yang rendah pada masa trimester pertama kehamilan memiliki bayi yang lebih sering menangis. Setiap hari, setidaknya tiga kali (atau lebih) mereka lebih banyak menangis dibandingkan bayi yang dilahirkan wanita yang mengonsumsi vitamin B12 lebih banyak pada awal kehamilan.

Para peneliti berasumsi bahwa asupan B12 yang kurang pada masa kehamilan berpengaruh pada otak yang memproduksi myelin. Myelin adalah jaringan pendukung yang melindungi sel-sel saraf selama masa perkembangan janin. Selain itu, vitamin B12 berkaitan dengan siklus tidur. Kadar vitamin B12 yang rendah akan menghentikan pelepasan hormon melatonin (hormon tidur).

Vitamin B12 akan membantu perkembangan otak dan sistem saraf bayi. Vitamin tersebut paling banyak ditemukan pada ikan, produk susu, telur dan daging. Bagi kaum vegetarian dan vegan, asupan vitamin B12 dapat diperoleh dari suplemen khusus kehamilan. Selain mengandung vitamin B12, suplemen kehamilan biasanya mengandung asam folat dan vitamin lain yang penting selama masa kehamilan dan mencegah bayi terlahir cacat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar